LIMA GULA (Mengenali Permainan Tradisional dan Lagu Dolanan)
LIMA GULA
LATAR BELAKANG
Kegiatan LIMA GULA untuk melatih kepemimpinan siswa dalam merancang, melaksanakan, dan melaksanakan dalam aksi nyata tentang kegiatan untuk menggali dan mempelajari permainan dan lagu dolanan tempo dulu yang sudah tidak pernah dimainkan lagi. Untuk menumbuhkan suara, pilihan, dan kepemilikan Siswa bekerja dalam kelompok melakukan wawancara dengan tokoh masyarakat dan orang-orang tua untuk menggali informasi tentang permainan dan lagu dolanan yang pastinya pernah dimainkan waktu dahulu. Informasi yang diperoleh kemudian didiskusikan pada kegiatan P5 tema kearifan lokal, permainan yang diperoleh kemudian dinarasikan agar siswa terbiasa menulis cerita dokumenter. Permainan dan lagu dolanan dilatih dan diperankan agar siswa dapat menjiwai dalam permainan tersebut. Pada panen karya P5 permainan dan lagu dolanan ini dilombakan antar kelas
TUJUAN
- Meningkatkan keterampilan Literasi: Program ini juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa, termasuk kemampuan menyusun kalimat dan paragraf dengan baik, mengorganisir ide-ide, dan mengungkapkan pemikiran dengan jelas.
- Melestarikan dan mempromosikan permainan tradisional serta lagu dolanan sebagai bagian dari warisan budaya suatu masyarakat atau daerah
- Permainan tradisional dan lagu dolanan sering dimainkan secara kelompok atau dalam interaksi sosial. Program ini bertujuan untuk mendorong interaksi sosial yang positif dan kolaborasi antara siswa



