APLIKASI PEMROGRAMAN VISUAL SEDERHANA
https://www.wardoyo.my.id/2021/02/aplikasi-pemrograman-visual-sederhana.html
A.
Scratch
(Website)
Scratch adalah salah
satu website yang juga menawarkan metode pengajaran programming kepada
anak-anak khususnya yang berusia 8 hingga 16 tahun. Awalnya untuk dapat
menggunakan pembelajaran yang ada di Scratch, kita harus mendownload
multi-platform-nya sekarang Scratch sudah berbasis web sehingga lebih mudah
digunakan. Aplikasi ini mengajarkan untuk membuat bahasa pemrograman visual
yang telah disediakan pilihannya dan memasukkannya kedalam area kerja
(workspace) untuk membuatanimasi sprite. Macam-macam pilihan tersebut dapat
men-trigger loops, create variables, initiate interactivity, play sounds, dan
lain sebagainya. Untuk para pembimbing atau orang tua, tersedia banyak artikel
yang berisi pemahaman dasar untuk membantu Anda menyiapkan
pembimbingan. Intinya anda juga tidak perlu kemampuan pemrograman expert
untuk berani mengenalkan Scratch. https://scratch.mit.edu
B. Tynker (Website)
Tynker adalah sistem
pembelajaran program online yang dirancang untuk memotivasi anak-anak dalam
menerjemahkan ide-ide kreatif mereka ke dalam permainan, anak-anak akan dilatih
cara berpikir dan menuangkan alur cerita. Aplikasi ini menggunakan bahasa
pemrograman visual yang mudah di mana tidak ada sintaks khusus dalam pemrograman
selain hanya blok kode untuk digabungkan dengan ketentuan pemrograma. https://www.tynker.com
C.
Waterbear
(Website)
Waterbear adalah
pemrograman yang sangat baik untuk digunakan sebagai tools pemrograman untuk
anak – anak, yang dimana fitur pendekatanya menggunakan drag dan drop untuk
tujuan pemrograman. Waterbear adalah bahasa pemrograman visual yang berarti
anak – anak tidak perlu belajar bahasa sintaks untuk memulai sebuah
pemrograman. Anak-anak dapat membuat file baru, melihat contoh-contoh kreasi
lain dan bermain-main dengan fitur yang berbeda satu dengan yang lain, bahkan
ada deskripsi untuk setiap elemen yang mudah diikuti juga
D.
Stencyl
(Desktop)
Stencyl memungkinkan
untuk mengembangkan permainan dengan menggunakan fitur antarmuka drag dan drop
dan tidak ada coding diperlukan sama sekali. Jika tidak ingin menggunakan
antarmuka blok maka anak anda dapat mengetikkan kode juga. Stencyl memiliki
dukungan platform yang luas dan game yang dikembangkan pada Stencyl dapat dimainkan pada Android,
iOS, Windows, Mac, dan Linux juga. http://www.stencyl.com
E.
Hopscotch
(Ipad)
Hopscotch terlihat memiliki
tampilan yang sama dengan Scratch dan Tynker bahkan menggunakan cara yang sama
yaitu klik dan drag Block pilihan kedalam area kerja tetapi hanya dapat
digunakan di iPad. Control dan karakter tidak sama halnya seperti Scratch dan
Tynker, tapi Hopscotch adalah sebuah Aplikasi yang dapat digunakan untuk
membantu mengenalkan teknik pemrograman kepada Anak tanpa harus memiliki dasar
penulisan kode program, dan tidak harus berpengalaman dalam proses logika
maupun pemecahan kasus atau masalah dalam program
F.
Code
with Blocks (android)
Aplikasi ini memiliki
tampilan yang sama dengan Scratch dan Tynker bahkan menggunakan cara yang sama
yaitu klik dan drag Block pilihan kedalam area kerja tetapi hanya dapat
digunakan di android







