RPP Jaringan kabel dan nirkabel
MODUL AJAR
Satuan Pendidikan : SMPN 3 DONGKO
Mata Pelajaran :
INFORMATIKA
Kelas/Semester : VII/I
Nama Penyusun :
WARDOYO, S.Kom
Elemen materi : Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
Sub Elemen : Jaringan kabel dan nirkabel
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 Pertemuan)
A. Informasi
umum
|
Kompetensi Awal |
·
Siswa memahami Jaringan Kabel dan Nirkabel (wifi, tehering, internet) |
|
Profil
Pelajar Pancasila |
·
Kedisiplinan ·
Kerja
sama ·
Inisiatif ·
Komunikatif |
|
Sarana
dan Prasarana |
Laptop,
smartphone, internet, LKPD,
Buku Guru |
|
Target
Peserta Didik |
Peserta
didik reguler |
|
Model
Pembelajaran |
PJJ LURING |
A. Kompetensi
inti
|
Tujuan
Pembelajaran |
Dengan menggunakan kabel LAN, kabel
telephone, bluetooth,
wifi atau tethering, murid dapat melakukan koneksi
internet minimal dengan 2 cara |
|
Pemahaman Bermakna |
Jaringan internet mempunyai peranan sangat
penting pada saat
ini, sarana yang
paling banyak di gunakan diantaranya jaringan wifi dan tethering. Cara akses
jaringan wifi
sangatlah mudah
dan
setiap orang
bisa menggunakanya. |
|
Pertanyaan Pemantik |
· Tentunya anda sering berpergian dengan teman anda untuk mengerjakan suatu tugas yang di berikan
oleh bpk/ibu guru kamu yang
berhubungan dengan tugas-tugas yang harus di cari di internet, dimanakah anda sering mengerjakan hal tersebut ? · Tekadang
dalam kelas anda memerlukan koneksi dengan internet, dan di area kelas anda tidak ada sarana wifi,
langkah apa biar gatget/HP teman
anda bisa terkoneksi dengan jaringan internet |
|
Persiapan Pembelajaran |
·
Menyusun ATP ·
Menyusun Assessmen ·
Menyusun pembelajaran ·
Menyiapkan sarpras |
Ø Model : Project base learning
Ø Strategi : Siswa aktif / student active
learning
Ø Metode : Informasi, tanya jawab, penugasan, diskusi, presentasi
C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama (2 x 40 menit)
|
NO |
JENIS
KEGIATAN |
WAKTU |
|
1 |
Kegiatan
Pendahuluan. a. Guru mengucapkan salam dan berdoa
sebelum memulai pelajaran. Siswa ditugaskan untuk
memimpin berdoa secara bergilir. (inisiatif) b. Guru mengecek kehadiran peserta didik. c. Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan melalui motivasi kepada peserta didik. (kedisiplinan). d. Apersepsi.
Guru meminta salah satu peserta didik menyebutkan hal apa saja yang sudah
dipelajari pada materi
sebelumnya |
10
Menit |
|
2 |
Kegiatan
Inti a. Guru
menyampaikan Tujuan pembelajaran b. Peserta
didik menerima LKPD (*Terlampir) c. Pembelajaran
sesuai dengan alur MERRDEKA BELAJAR. d. Mulai
dari diri, siswa diajak merepleksi kembalai aktiftas yang dia alami terkait
penggunaan internet dalam sehari-hari selanjutnya diminta untuk menjawab
pertanyaan sebagai bentuk assesmen diagnostic sebelum masuk pada materi inti. e. Eksplorasi
Konsep, siswa diminta untuk membaca dan memahami materi jaringan kabel
dan nirkabel (kabel LAN, kabel telephone, bluetooth, wifi atau tethering) dari buku siswa, info grafis dari CANVA atau menonton video dari chanel youtube https://www.youtube.com/watch?v=W-Q440QCCYE tentang cara setting jaringan LAN dan wifi (Guru melakukan diferensiasi konten) f. Ruang
Kolaborasi, Siswa di bentuk menjadi
8 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 2-3 siswa untuk membuat karya
poster/peta pikiran/powerpoint/video materi jaringan kabel dan nirkabel (kabel
LAN, kabel telephone, bluetooth, wifi atau tethering). (Guru melakukan diferensiasi proses berdasarkan minat
belajar siswa) (melatih keterampilan kerja sama dan komunikasi) Ø Dalam
Kolaborasi siswa wajib menyampaikan pendapat dan saling menghormati pendapat
teman lain. (melatih keterampilan kerja sama dan komunikasi) Ø Membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok di lembaran kertas untuk di presenatsikan
didepan kelas. (Pengambilan keputusan yang
bertanggungjawab) Ø Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dalam format yang mereka sukai (diferensiasi produk). Perwakilan kelompok yang
maju presentasi disepakati oleh seluruh anggota kelompok.(Keterampilan relasi dan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab)
g. Refleksi
Terbimbing, setelah kegiatan diatas siswa diminta untuk merepleksikan kembali
dengan menggunakan modek 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dengan
harapan bisa melatih dan mengasah keterampilan peserta didik dalam menulis
dan menyampaikan gagasan (mandiri dan kreatif) h. Demonstrasi
Kontekstual, Kelompok 1
sd 6 diminta untuk mempresentasikan cara menyambungkan atau koneksi
internet melalui kabel
LAN, kabel telephone, bluetooth,
wifi atau tethering (tiap
kelompok minimal memperagakan 2 cara. (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan kesiapan siswa)
(melatih keterampilan relasi dan kesadaran
sosial) Ø Peserta
didik menyajikan dalam bentuk tulisan/narasi Ø Peserta
didik mempresentasikan secara lisan/bercerita Ø Peserta
didik menjelaskan melalui gambar (video tutorial/desain digital/desain
manual) Ø Kemudian
peserta didik lainnya memberikan
tanggapan dengan arahan guru |
60
Menit |
|
3 |
Kegiatan
Akhir a. Peserta
didik dan guru membuat kesimpulan bersama. b. Peserta
didik mendapat penguatan pada bagian yang penting dan mendasar. c. Guru
memberikan umpan balik dan refleksi terhadap hasil peserta didik. d. Guru mengakhiri pelajaran dan menyampaika kegiatan pembelajaran berikutnya. e. Berdoa
bersama |
10
Menit |
Pertemuan
kedua (2 x 40 menit)
|
NO |
JENIS
KEGIATAN |
WAKTU |
|
1 |
Kegiatan
Pendahuluan. a. Guru mengucapkan salam dan berdoa
sebelum memulai pelajaran. Siswa ditugaskan untuk
memimpin berdoa secara bergilir. (inisiatif) b.
Guru mengecek kehadiran peserta didik. c. Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan melalui motivasi kepada
peserta didik. (kedisiplinan).
d.
Apersepsi. Guru meminta salah
satu peserta didik menyebutkan
hal apa saja yang sudah dipelajari pada materi
sebelumnya |
10
Menit |
|
2 |
Kegiatan
Inti a. Guru
mengingatkan
tujuan
pembelajaran melanjutkan
pembelajaran pada pertemuan sebelumnya b. Pembelajaran
melanjutkan
alur MERRDEKA BELAJAR. c. Demonstrasi
Kontekstual, kelompok 7
dan 8 diminta untuk mempresentasikan cara
menyambungkan atau koneksi internet melalui kabel LAN, kabel telephone,
bluetooth, wifi atau tethering (tiap kelompok minimal memperagakan 2 cara (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan kesiapan
siswa) (melatih keterampilan relasi
dan kesadaran sosial) Ø Peserta
didik menyajikan dalam bentuk tulisan/narasi Ø Peserta
didik mempresentasikan secara lisan/bercerita Ø Peserta
didik menjelaskan melalui gambar (video tutorial/desain digital/desain
manual) Ø Kemudian
peserta didik lainnya merespon dengan arahan guru. Setelah
semua kelompok melakukan presentasi, siswa kembali ketempat duduknya
masing-masing. d. Elaborasi
pemahaman, siswa diminta mengajukan
pertanyaan tentang materi yang
belum di pahami sebagai bahan diskusi bersama guru terkait materi yang di
bahas. Guru
menyediakan slot-slot waktu untuk melakukan bimbingan secara individua atau
kelompok melalui aplikasi google meet diluar jam pelajaran untuk murid yang
kesulitan mengerjakan tugas. (guru melakukan
diferensiasi proses) e. Koneksi
Antar Materi, siswa diminta untuk mengaitkan pembelajaran jaringan lokal dan
komunikasi data via hp dengan mengkoneksikan internet melalui kabel LAN,
kabel telephone, bluetooth, wifi atau tethering f. Aksi
nyata, siswa diberi
tugas rumah untuk mendemontrasikan kembali cara
mengoneksikan internet melalui
kabel LAN, kabel telephone, bluetooth, wifi atau tethering kemudian mencari
artikel tentang sejarah kota trenggalek. Tugas dapat dikerjakan sesuai minat siswa antara
lain dengan info gravis, aplikasi canva, video pendek dll
(Guru melakukan diferensiasi produk
berdasarkan kesiapan siswa) g. Guru
membagikan soal tes formatif
tertulis. Siswa kemudian mengerjakan soal tes formatif yang diberikan oleh
guru secara individu |
60
Menit |
|
3 |
Kegiatan
Akhir a. Peserta
didik dan guru membuat kesimpulan bersama. b. Peserta
didik mendapat penguatan pada bagian yang penting dan mendasar. c. Guru
memberikan umpan balik dan refleksi terhadap hasil peserta didik. d. Guru mengakhiri pelajaran dan menyampaikan kegiatan pembelajaran berikutnya. e. Berdoa
bersama |
10
Menit |
D. Sumber,
alat dan bahan Pembelajaran
1. Sumber Pembelajaran:
Ø
Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia.2021. Buku Panduan Guru Informatika Kelas
VII. Jakarta:Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Ø LKPD .
2. Alat dan bahan Pembelajaran
Ø Laptop,
LCD Projector
E. Penilaian
1. Asesmen
sebelum pembelajaran (diagnostik)
2. Assesmen
selama pembelajaran (assessment for learning)
·
Penilaian pengetahuan (Formatif)
Ø Prosedur penilaian :
Tes
Ø Jenis penilaian :
Tes tertulis (*soal terlampir)
Ø Bentuk penilaian :
Pilihan ganda
Ø Kunci jawaban dan rubrik penskoran
|
No |
Jawaban benar |
Skor |
|
1 |
D |
1 |
|
2 |
D |
1 |
|
3 |
C |
1 |
|
4 |
A |
1 |
|
5 |
B |
1 |
|
Total
skor |
5 |
|
Keterangan:
Jawaban benar : Skor = 1
Jawaban salah : Skor = 0
|
No |
Nama |
Jumlah jawaban
benar |
Skor perolehan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = (Skor perolehan / Total skor) x 100
·
Penilaian keterampilan (*Terlampir)
Ø
Prosedur
penilaian : Tes
Ø
Jenis
penilaian : Tes unjuk
kerja (Soal terlampir)
Ø
Bentuk
penilaian : Presentasi
Ø
Rubrik
Penskoran :
|
Kriteria yang dinilai |
Skor |
||
|
1 |
2 |
3 |
|
|
Konten presentasi |
Kesesuaian materi dengan topik dan kualitas informasi yang
disampaikan cukup
baik |
Kesesuaian materi dengan topik dan kualitas informasi yang
disampaikan baik |
Kesesuaian materi dengan topik dan kualitas informasi yang
disampaikan sangat
baik |
|
Kemampuan penyampaian presentasi |
Kemampuan berbicara dan
berkomunikasi
dengan audiens cukup baik |
Kemampuan berbicara dan
berkomunikasi
dengan audiens baik |
Kemampuan berbicara dan
berkomunikasi
dengan audiens sangat
baik |
|
Visualisasi
presentasi |
Kualitas visualisasi dan desain
presentasi serta konsistensi materi cukup baik |
Kualitas visualisasi dan desain
presentasi serta konsistensi materi baik |
Kualitas visualisasi dan desain
presentasi serta konsistensi materi sangat
baik |
|
No |
Nama |
Kriteria yang
dinilai |
Skor perolehan |
||
|
Konten |
Penyampaian |
Visualisasi |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = (Skor perolehan / Total skor) x 100
·
Penilaian sikap
Ø
Prosedur
penilaian : observasi
Ø
Jenis
penilaian : pengamatan
Ø
Rubrik
Penskoran :
|
No |
Aspek |
Kriteria
penilaian |
Skala |
|
1 |
Disiplin |
1. Hadir
di kelas tepat waktu. 2. Mengikuti
tatap muka dari awal hingga akhir. 3. Rapih berpakaian sesuai ketentuan yang
berlaku. 4. Mengumpulkan
tugas tepat waktu |
Ø 4
= Jika 4 kriteria terpenuhi Ø 3
= Jika 3 kriteria terpenuhi Ø 2
= Jika 2 kriteria terpenuhi Ø 1
= Jika 1 kriteria terpenuhi |
|
2 |
Kerjasama |
1. Tidak mendominasi
di dalam kelas. 2. Menerima
Pendapat Orang lain. 3. Berbagi
informasi dengan teman lain 4. Bersikap
toleran kepada teman lain. |
Ø 4
= Jika 4 kriteria terpenuhi Ø 3
= Jika 3 kriteria terpenuhi Ø 2
= Jika 2 kriteria terpenuhi Ø 1
= Jika 1 kriteria terpenuhi |
|
3 |
Prakarsa |
1. Aktif
dalam kelas/kelompok 2. Mengajukan
pertanyaan yang bersangkut paut dengan materi. 3. Kreatif
dalam belajar. 4. Memberikan
respon perkembangan kelompok |
Ø 4
= Jika 4 kriteria terpenuhi Ø 3
= Jika 3 kriteria terpenuhi Ø 2
= Jika 2 kriteria terpenuhi Ø 1
= Jika 1 kriteria terpenuhi |
|
4 |
Tanggung
jawab |
1. Melakukan
Tugas. 2. Komitmen
terhadap tugas 3. Konsekuen terhadap tindakan yang di
lakukan. 4. Peduli
terhadap tugas |
Ø 4
= Jika 4 kriteria terpenuhi Ø 3
= Jika 3 kriteria terpenuhi Ø 2
= Jika 2 kriteria terpenuhi Ø 1
= Jika 1 kriteria terpenuhi |
|
No |
Nama |
Kriteria yang
dinilai |
Rata-rata |
|||
|
Disiplin |
Kerjasama |
Prakarsa |
Tanggung jawab |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan nilai/ rata-rata:
Ø
4 = Sangat Baik
Ø
3 = Baik
Ø
2 = Cukup
Ø
1 = Kurang
A. Refleksi
Siswa mengungkapkan
perasaan belajar dengan menggunakan gambar emoticon.
|
Sangat
sedih |
Sedih |
Senang |
Sangat
senang |
|
|
|
|
|
F.
Pengayaan dan Remedial
· Remidi diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai tujuan
pembelajaran dan membutuhkan bimbingan
untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang. Dengan
memberikan materi
dan mengulang soal tes peserta
didik menyimpulkan dengan bahasa sendiri
· Pengayaan diberikan kepada peserta didik
dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal’
|
GLOSARIUM |
|
1. Wifi : sebuah media
penghantar komunikasi data
tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat. 2.
Tethering : cara berbagi
internet antar sesama
perangkat. Layanan tethering ini biasanya disambungkan dengan WiFi, USB, ataupun Bluetooth. |
|
Kepala Sekolah SUBANDI, S.Pd., M.Pd NIP 19690612
199903 1 006 |
Guru Mata Pelajaran
Informatika WARDOYO, S.Kom NIP. 197708072010011010 |
A. Asesmen
sebelum pembelajaran (diagnostik)
1. Apa
itu jaringan internet?
Jawab:
Kumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain secara global melalui
protokol TCP/IP
2. Apa
yang dimaksud dengan URL?
Jawab:
Alamat jaringan internet
3. Apa
yang dimaksud dengan IP address?
Jawab:
Alamat logis dari sebuah komputer
4. Apa
yang dimaksud dengan DNS?
Jawab:
Server yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain menjadi IP address
5. Apa
yang dimaksud dengan HTTP?
Jawab:
Protokol yang digunakan untuk mengakses situs web
B. Assesmen
selama pembelajaran
·
Penilaian pengetahuan (Formatif)
1. Media
transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima
informasi (data). Jenis media transmisi ada dua, yaitu Guided dan Unguided. Guided transmission media
atau media transmisi terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem kabel.
Unguided transmission media
atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem
gelombang. Media transmisi yang
cocok untuk jaringan lokal dalam satu ruangan Laboratorium komputer adalah ....
A. Access
point C. bluetooth
B. Infrared D. Kabel UTP
2. Berikut ini
langkah-langkah mengoneksikan HP dengan jaringan Wifi, yaitu pilih setelan, kemudian pilih ….
A.
bluetooth > Masukan pasword blutud >
sambungkan
B.
tethering > Masukan password tethering
> sambungkan
C.
modem > Masukan pasword modem >
sambungkan
D.
wi-fi > Masukan pasword wifi >
sambungkan
3. Jaringan komputer di
sebuah warung internet (Warnet) biasanya menggunakan sistem client and
server, fungsi server dalam jaringan ini adalah ….
A. Pengelola
informasi internet C Pengelola dan penyedia
fasilitas jaringan
B. Penyedia
fasilitas jaringan D. Menerima layanan
4. Merupakan perangkat yang
menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan ethernet (Wireles LAN Card)
yang terdapat pada komputer disebut .…
A. Access
Point C. Wifi Hotspot
B. Access
Controler D. Internet Link
5.
Agar dapat berkomunikasi anatara komputer satu dengan
komputer lainya, maka dibuatlah sebuah jaringan komputer. Kita dapat membangun
sebuah jaringan antar komputer dengan berbagai cara dan media. Berikut ini
adalah hal yang memungkinkan seseorang dapat menghubungkan komputer satu dengan
komputer lainya. Kecuali ….
A.
Bloetooth C. infrared
B.
kabel listrik D. Wireless
· Penilaian keterampilan.
- Berdiskusilah dalam kelompok dan buatlah sebuah karya poster/peta pikiran/powerpoint/video pendek mengenai materi jaringan kabel dan nirkabel (kabel LAN, kabel telephone, bluetooth, wifi atau tethering). Catatlah kesimpulan hasil diskusi kelompok di lembaran kertas untuk di presenatsikan didepan kelas. Presentasikan hasil diskusi di depan kelas dalam format yang anda sukai



